Penelitian ini bertujuan merancang dan menguji sistem kemudi mobil hemat energi berbasis etanol yang ergonomis, ringan, dan efisien untuk kompetisi. Sistem kemudi dirancang berdasarkan prinsip geometri Ackermann dengan menggunakan aplikasi SolidWorks, perhitungan teoritis radius putar 5,11 meter, sudut belok roda bagian dalam 17,7°, dan roda bagian luar 14,7°. Hasil pengujian lapangan menunjukkan radius putar aktual sebesar 5,34 meter (kanan) dan 5,35 meter (kiri), masih berada di bawah batas maksimal 6 meter sesuai regulasi. Sudut belok roda depan terukur mencapai 18° (dalam) dan 14,5° (luar), sesuai dengan prinsip Ackermann yang menjamin efisiensi belok. Sistem terbukti responsif, ringan dalam pengoperasian, minim getaran, dan mampu menahan beban dinamis secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kemudi yang terintegrasi dengan prinsip ergonomi dan efisiensi energi secara keseluruhan memenuhi standar kompetisi, menawarkan performa yang andal dan nyaman. Temuan ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan kendaraan hemat energi berbasis etanol untuk kebutuhan kompetitif di masa depan.
Copyrights © 2025