Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 10, No 2 (2025): November 2025

ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN FINTECH PAYMENT DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI

Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Subur, Hikmayani (Unknown)
Tahir, Muhammad Ilyas Thamrin (Unknown)
Wisudawaty, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan dan penggunaan Fintech Payment dalam mengelola keuangan pribadi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif melalui pendekatan analisis deskriptif. Dengan responden sebanyak 30 mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode survei dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistika deskriptif. Hasil survei tingkat literasi keuangan dalam pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa, sebanyak 52% mahasiswa mengakui bahwa literasi keuangan sangat bermanfaat dalam menekan pengeluaran, 24% menilai literasi keuangan berdampak positif terhadap perilaku finansial dan layak direkomendasikan kepada orang lain, 19% mampu mengelola keuangannya dengan menabung, serta 5% telah mempraktikkan investasi. Selanjutnya, hasil survei penggunaan fintech payment dalam pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa, sebanyak 38% mahasiswa menilai Fintech Payment memudahkan proses transaksi secara praktis, 30% menyatakan membantu efektivitas keuangan, 22% menganggap mempercepat proses pembayaran, dan 10% melihatnya sebagai sarana mencapai efektivitas keuangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa literasi keuangan dan penggunaan fintech payment memiliki hubungan yang saling menguatkan dalam konteks pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar.Kata Kunci: Literasi keuangan; fintech payment; pengelolaan keuangan; mahasiswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

equilibriapendidikan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal " Equilibria Pendidikan" (P-ISSN: 2548-6535; E-ISSN: 2615-6784).This journal published every May and November. Articles published contain scientific research results and the results of a study of books in the fields of applied economics and economic ...