Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Juni-Desember 2025

Analisis Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Geografi Berbasis HOTS dan TPACK di SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2025/2026

Rahmadayanti, Rahmadayanti (Unknown)
Aulia, Citra (Unknown)
Rahmah, Mawaddah (Unknown)
Berutu, Nurmala (Unknown)
Anja, Eka Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana evaluasi pembelajaran geografi di SMA Negeri 8 Medan menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan pengetahuan teknologi dan konten (TPACK). Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang melibatkan dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bekerja sama dengan MGMP untuk membuat instrumen evaluasi dan memadukan HOTS dan MOTS. Teknologi seperti Quizizz pernah digunakan, tetapi evaluasi saat ini dilakukan secara cetak, sehingga penggunaan TPACK belum optimal. Siswa memiliki latar belakang sosial ekonomi yang beragam, keterbatasan fasilitas teknologi, dan kurangnya keinginan untuk belajar. Secara umum, evaluasi pembelajaran telah berubah menjadi pembelajaran abad ke-21, dan guru membantu mengatasi masalah ini dengan memberikan motivasi, pendekatan pribadi, dan meningkatkan kemampuan penyusunan soal HOTS. Namun, terutama diperlukan penguatan untuk memasukkan teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...