Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Juni-Desember 2025

Efektivitas Media Video Animasi dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Pancasila pada Siswa Kelas V SD Negeri 0513 Aek Lancat

Nasution, Ardian Soleh (Unknown)
Tanjung, Robiatun Adawiah (Unknown)
Harahap, Chintia Indrianti (Unknown)
Dly, Nur Kholilah (Unknown)
Sari, Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media video animasi dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas V SD Negeri 0513 Aek Lancat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya capaian pemahaman nilai-nilai Pancasila akibat dominannya metode ceramah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest–posttest. Sampel berjumlah 28 siswa dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 item yang divalidasi melalui uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan perhitungan N-Gain untuk melihat tingkat peningkatan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata posttest dibandingkan pretest. Nilai N-Gain berada pada kategori sedang menuju tinggi, menunjukkan bahwa media video animasi efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Temuan ini mengonfirmasi bahwa video animasi merupakan media pedagogis yang mampu memfasilitasi pemahaman konseptual dan kontekstual siswa secara lebih menarik, interaktif, dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...