Jurnal Edukasi
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Edukasi

Peran Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SDN 12 Mempawah Hilir

Nina, Haninah (Unknown)
Fatmawati, Risdiana Andika (Unknown)
Afryaningsih, Yunika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik kelas III di SDN 12 Mempawah Hilir. Fokus penelitian terletak pada peran guru sebagai pengelola kelas serta sebagai mediator dan fasilitator. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data dan sumber data diperoleh secara langsung melalui observasi dan wawancara. Adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Analisis data mencakup beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber dan metode. Adapun tahapan penelitian meliputi tahap pra-lapangan, tahap pelaksanaan di lapangan, dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai pengelola kelas sekaligus sebagai mediator dan fasilitator dalam menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik tergolong berhasil, meskipun tingkat keaktifan siswa belum sepenuhnya optimal. Hal ini terlihat dari keterlibatan peserta didik dalam berbagai aktivitas pembelajaran serta tindakan nyata yang mereka lakukan di kelas. Guru mampu membimbing siswa agar mengikuti proses pembelajaran dengan tertib dan nyaman, serta menciptakan kondisi belajar yang melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan seperti membaca nyaring, menulis ulang cerita pendek, mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan berdiskusi kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...