Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain
Vol 4, No 2 (2025): Juli-Desember

PELATIHAN GERAK DASAR TARI EMPAT ETNIK PADA GURU SEKOLAH DASAR SEBAGAI KEARIFAN LOKAL SULAWESI SELATAN

Wahira, Wahira (Unknown)
M., Rahma (Unknown)
Jamila, Jamila (Unknown)
Prusdianto, Prusdianto (Unknown)
Salawati, Bau (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Pelestarian budaya daerah melalui pendidikan dasar menjadi salah satu langkah strategis untuk memperkuat identitas nasional. Guru Sekolah Dasar (SD) memiliki peran penting sebagai fasilitator utama pengenalan seni tari tradisional kepada peserta didik. Namun, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru terhadap gerak dasar tari daerah masih menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pelatihan gerak dasar Tari Empat Etnik Sulawesi Selatan kepada guru-guru SD. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif melalui demonstrasi, praktik langsung, diskusi, dan evaluasi unjuk kerja. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman teori tari, kemampuan melakukan gerak dasar empat etnik, Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja, serta meningkatnya kepercayaan diri guru dalam mengajarkan tari di sekolah. Pelatihan ini efektif sebagai model peningkatan kompetensi seni budaya guru dan berpotensi diterapkan dalam skala lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sureq

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Sureq Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain mencakup berbagai konsep, ide, praktik, fenomena, dan analisis yang berkaitan dengan topik pengabdian kepada masyarakat yang berbasiskan seni dan desain. Sureq Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain dimaksudkan untuk ...