Kompetensi yang perlu dikuasai oleh setiap karyawan harus menyesuaikan dengan bidang pekerjaan yang ditekuni. Pada industri after sales kendaraan roda 2, kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap karyawan tidak hanya fokus pada kompetensi teknis saja, akan tetapi kompetensi manajerial juga penting dikuasai oleh setiap karyawan yang bekerja pada industri tersebut. Sehingga, Program Studi yang menghasilkan calon pekerja pada bidang industri after sales kendaraan roda 2 harus menyiapkan lulusannya untuk memiliki kompetensi teknis dan kompetensi manajerial. Berdasarkan KKNI lulusan S1/D4 setara pada level 6 yang nantinya akan bekerja pada bidang manajerial. Sayangnya, penyiapan lulusan masih terfokus pada penyiapan kompetensi teknis saja sedangkan kompetensi manajerial masih dikesampingkan. Sehingga ketika lulusan masuk ke dalam dunia kerja kompetensi manajerial yang dimiliki masih tergolong rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi manajerial yang dibutuhkan oleh Manajer, Kepala Bengkel, Service Advisor, dan calon pekerja di industri After Sales Kendaraan Roda2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui analisis tematik selanjutnya disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi manajerial bagi manajer antara lain: kemampuan komunikasi, menguasai perkembangan teknologi otomotif, adaptif, berkarakter, berjiwa kepemimpinan; sedangkan kompetensi manajerial bagi kepala bengkel antara lain: menguasai digital marketing, mampu mengelola sumber daya manusia, problem solving; selanjutnya untuk kompetensi manajerial bagi service advisor antara lain: kemampuan komunikasi, manajemen pelanggan, menguasai trouble shooting kendaraan; kompetensi manajerial bagi calon pekerja antara lain: menguasai sales dan marketing, manajemen bengkel, kemampuan komunikasi, dan pengusaan kompetensi teknis otomotif.
Copyrights © 2025