Permasalahan yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam menghadapi Uji Kompetensi Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) cukup kompleks. Banyak peserta yang belum memahami secara mendalam prosedur, materi ujian, serta strategi pelaksanaan, sehingga menimbulkan rasa cemas dan kurang percaya diri. Rendahnya pemahaman teknis terkait penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan video pembelajaran, dan laporan studi kasus juga menjadi hambatan utama. Kondisi ini berpotensi mengurangi tingkat kelulusan dan berdampak pada kualitas guru profesional di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kesiapan dan pengetahuan mahasiswa PPG dalam menghadapi UKPPPG melalui bimbingan teknis (bimtek) yang terstruktur. Mitra sasaran adalah mahasiswa PPG Guru Tertentu Tahap III Tahun 2025 bidang studi PGSD, dengan jumlah peserta sebanyak 52 orang. Metode pelaksanaan berupa bimtek daring melalui platform Zoom, yang mencakup ceramah, diskusi, tanya jawab. Evaluasi dilakukan menggunakan angket pretest-posttest untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pengetahuan peserta, dengan proporsi kategori “Baik” meningkat dari 50% menjadi 73,68% pada kelompok perempuan dan dari 64,28% menjadi 92,86% pada kelompok laki-laki. Temuan ini menegaskan bahwa bimtek efektif dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa PPG menghadapi UKPPPG
Copyrights © 2025