Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam mengenal dan memahami kesulitan belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Pusat Terapi dan Bimbingan Belajar Kazama. Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik dan kebutuhan belajar yang berbeda sehingga memerlukan perhatian serta pemahaman yang tepat dari orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah orang tua serta terapis di lembaga tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan belajar anak. Orang tua yang memiliki pemahaman yang baik tentang jenis dan penyebab kesulitan belajar mampu memberikan dukungan emosional, strategi pendampingan, serta komunikasi efektif dengan pihak terapis dan guru. Namun, masih ditemukan kendala berupa kurangnya pengetahuan dan waktu dalam mendampingi anak secara optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan pengetahuan dan keterampilan orang tua melalui program edukasi dan pelatihan sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan anak berkebutuhan khusus dalam proses belajar di Pusat Terapi dan Bimbingan Belajar Kazama
Copyrights © 2025