Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Vol. 4 No. 2 (2025): Bulan November

Pelatihan Marketplace dan Canva Sebagai Strategi Peningkatan Akses Pasar dan Branding Produk di Desa Mallongi-longi

Haris, Haris (Unknown)
Irwan, Irwan (Unknown)
Ramadhan, Nur Resky (Unknown)
Side, Syafruddin (Unknown)
Musawira, Musawira (Unknown)
Yanti, Nurul Castri (Unknown)
Fitriani, Fitriani (Unknown)
Mutiara, Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Program KKN-PMM Universitas Negeri Makassar di Desa Mallongi-Longi, Kabupaten Pinrang, bertujuan meningkatkan literasi digital pelaku UMKM melalui pemanfaatan marketplace dan aplikasi Canva. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi digital serta keterampilan desain visual pelaku usaha desa yang berdampak pada rendahnya daya saing di pasar daring. Dengan metode Participatory Learning and Action (PLA) yang mencakup observasi, penyuluhan, pelatihan, pendampingan, evaluasi, dan perencanaan keberlanjutan, program ini memberikan pelatihan praktis terkait penggunaan Facebook Marketplace, TikTok Shop, desain branding produk dengan Canva, serta pemetaan lokasi usaha melalui plot maps. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman marketplace (+16%), keterampilan platform digital (+8%), penggunaan Canva (+30%), dan penguasaan plot maps (+24%). Aspek Canva menunjukkan peningkatan tertinggi, di mana seluruh peserta (100%) mampu membuat desain promosi secara mandiri. Program ini efektif memperkuat literasi digital, akses pasar, dan branding produk UMKM, serta berpotensi direplikasi di wilayah lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural ...