Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh peran pengawas sekolah terhadap mutu pembelajaran SD di Kabupaten Rembang; (2) mengetahui pengaruh peran kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran SD di Kabupaten Rembang; (3) mengetahui pengaruh komitmen guru terhadap mutu pembelajaran SD di Kabupaten Rembang; dan (4) mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap mutu pembelajaran SD di Kabupaten Rembang. Sampel penelitian ini dipilih guru dari tiga kecamatan di Kabupaten Rembang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket yang telah dijamin validitas dan reliabilitasnya. Analisa data yang digunakan adalah analisis diskriptif, uji prasyarat, analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara peran pengawas sekolah terhadap mutu pembelajaran; ada hubungan positif dan signifikan antara peran kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran; ada hubungan positif dan signifikan antara komitmen guru terhadap mutu pembelajaran; dan ada hubungan positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap mutu pembelajaran.
Copyrights © 2025