Jurnal Literasiologi
Vol 14 No 2 (2025): Jurnal Literasiologi

PENGGUNAAN CHATGPT SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA

Anjarwati, Anjarwati (Unknown)
Azizah, Nur (Unknown)
Indrawari, Karliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI), mendorong dunia pendidikan untuk terus beradaptasi. ChatGPT sebagai salah satu produk AI mulai dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif yang fleksibel dan sesuai dengan karakteristik generasi saat ini. Namun, di SMK Muhammadiyah 1 Palembang, khususnya pada siswa kelas XI TJKT 5, masih ditemukan rendahnya minat belajar dan kurangnya variasi media pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan ChatGPT diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TJKT 5. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada siswa yang telah menggunakan ChatGPT dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan ChatGPT dan prestasi belajar siswa. Meskipun siswa menunjukkan antusiasme terhadap penggunaannya, hal tersebut belum berdampak nyata pada peningkatan nilai akademik. Temuan ini menunjukkan perlunya strategi pendampingan yang tepat agar pemanfaatan teknologi dapat memberikan hasil belajar yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...