IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 5, No 2 (2025): IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat

Workshop Peningkatan Keterampilan Pengolahan Dimsum Ikan Pada Kelompok PKK Desa Sicini Kabupaten Gowa

Harianti, Harianti (Unknown)
Basir, Buana (Unknown)
Karim, Mutemainna (Unknown)
Rizal, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Abstrak. Desa Sicini terletak di pegunungan Kabupaten Gowa yang masih mengandalkan tadah hujan dalam pertanian. Lahan persawahan dikelola dan berproduksi sekali dalam setahun sehingga pemenuhan kebutuhan hidup dan kesejahteraan, masyarakat Desa Sicini memerlukan perhatian dan pemberdayaan. Kegiatan workshop yang dilakukan ditujukan pada diversifikasi produk olahan ikan yaitu pengolahan dimsum ikan sebagai suatu usaha dalam pemenuhan gizi dan peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Sicini. Metode Pembelajaran dan Aksi Partisipatif digunakan selama kegiatan workshop pengolahan dimsum ikan. Kegiatan ini dihadiri oleh 10 warga Desa Sicini. Evaluasi dilaksanakan pada akhir kegiatan. Evaluasi dilakukan menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil angket, diketahui bahwa kegiatan yang telah dilakukan membantu meningkatkan pengetahuan (100%) dan minat (50%) khususnya dalam pengolahan dimsum ikan. Kegiatan workshop membantu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan minat kelompok PKK dalam pengolahan dimsum ikan. Kata Kunci: Workshop, dimsum ikan, kelompok PKK, Desa Sicini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IPTEK

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...