Integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini menjadi kebutuhan penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan siswa menghadapi perkembangan era digital. Namun, di TK Noor Fadjar Malang pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran interaktif belum diterapkan karena keterbatasan pemahaman dan keterampilan guru dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran berbasis AR melalui kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh dosen dan mahasiswa Teknik Elektronika. Metode yang digunakan berupa pelatihan terstruktur yang meliputi pengenalan konsep AR, pendampingan pembuatan modul, dan praktik penerapan dalam pembelajaran, dengan data dikumpulkan melalui observasi, evaluasi praktik, dan umpan balik peserta lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan guru dalam mengoperasikan serta mengembangkan modul AR, yang berdampak pada meningkatnya interaktivitas, motivasi, dan keterlibatan belajar anak didik di kelas. Dengan demikian, pelatihan ini dapat disimpulkan berhasil dalam membekali guru dengan kemampuan memanfaatkan AR sebagai media edukasi yang inovatif dan efektif untuk mendukung optimalisasi proses pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 0000