MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Pelatihan Pembuatan Literasi Digital Visual Sebagai Bahan Ajar Tematik Di TK Noor Fadjar Malang

Anindya Dwi Risdhayanti (Unknown)
Mila Fauziyah (Unknown)
Odhitya Desta Triswidrananta (Unknown)
Adi Candra Kusuma (Unknown)
Totok Winarno (Unknown)
Herwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini menjadi kebutuhan penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan siswa menghadapi perkembangan era digital. Namun, di TK Noor Fadjar Malang pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran interaktif belum diterapkan karena keterbatasan pemahaman dan keterampilan guru dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran berbasis AR melalui kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh dosen dan mahasiswa Teknik Elektronika. Metode yang digunakan berupa pelatihan terstruktur yang meliputi pengenalan konsep AR, pendampingan pembuatan modul, dan praktik penerapan dalam pembelajaran, dengan data dikumpulkan melalui observasi, evaluasi praktik, dan umpan balik peserta lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan guru dalam mengoperasikan serta mengembangkan modul AR, yang berdampak pada meningkatnya interaktivitas, motivasi, dan keterlibatan belajar anak didik di kelas. Dengan demikian, pelatihan ini dapat disimpulkan berhasil dalam membekali guru dengan kemampuan memanfaatkan AR sebagai media edukasi yang inovatif dan efektif untuk mendukung optimalisasi proses pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...