Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan kurikulum pesantren tahfidz al-Qur’an Yasinat Wuluhan Jember, implementasi dan evaluasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum meliputi perencanaan di bidang (a) rekrutment calon santri tahfidz al-Qur’an, (b) metode membaca al-Qur’an yang digunakan, yaitu metode Yanbu’a, (c) hafalan mandiri dan muroja’ah kolaboratif, serta (d) muhasabah, muqorrobah, dan munajat. Implementasi kurikulum diorganisir oleh Kiai sebagai pengasuh dibantu oleh putra-putranya sebagai ustadz tahfidz al-Qur’an. Implementasi kurikulum tidak hanya diarahkan pada suksesnya pembiasaan hafalah dari aspek religiusitas, namun juga kesuksesan dari aspek spiritualitas. Pembiasaan ini disebut dengan program pembiasaan religiusitas dan spiritualitas dalam tahfidz al-Qur’an melalui kajian kitab Tafsir Jalalain dan sholat tahajjud. Evaluasi kurikulum dilakukan dalam rangka menemukan kelebihan dan kekurangan yang ada dengan menggunakan model CIPP (conteks, input, process, dan product), serta melakukan perbaikan secara berkelanjutan
Copyrights © 2025