Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2025): Vol. 3 No. 2 (2025): Volume 03 Nomor 02 (Oktober 2025)

PEMBERDAYAAN UMKM KOPI MELALUI SEMINAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK STRATEGI BRANDING PRODUK

Mufidatul Azmi (Unknown)
Z. Huzaen, Chairunnisaa M. (Unknown)
Nidrah, Nidrah (Unknown)
Haz, Andi Nurfiana (Unknown)
Kurniawati, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM berbasis kopi di daerah pedesaan melalui seminar kewirausahaan dengan tema “Membangun Jiwa Wirausaha dari Desa: Menggali Potensi Tanaman Kopi sebagai Komoditas Lokal Bernilai Tinggi.” Seminar ini berfokus pada dua pokok bahasan, yaitu eksplorasi potensi ekonomi kopi lokal dan strategi branding produk kopi untuk meningkatkan daya saing. Kegiatan ini dilaksanakan pada Juli 2025 dengan melibatkan pelaku UMKM, mahasiswa, dan masyarakat desa sebagai peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai nilai strategis kopi sebagai komoditas unggulan serta mampu merancang ide dasar branding melalui pengembangan identitas merek, diferensiasi produk, dan storytelling. Kegiatan ini berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM, khususnya dalam membangun citra dan nilai tambah produk kopi di pasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ininnawa

Publisher

Subject

Humanities Education Energy Engineering Public Health Social Sciences

Description

Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific multidisciplinary journal published by Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to ...