Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 10 (2025): Desember

Pelatihan Pembuatan PPT Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Ketrampilan Digital Mahasiswa Calon Guru Matematika

Chasanah, Arini Nur (Unknown)
Alifiani, Alifiani (Unknown)
Fuady, Anies (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Kegiatan pelatihan pembuatan PPT interaktif berbasis Canva bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital mahasiswa calon guru matematika, khususnya dalam merancang media pembelajaran yang menarik, komunikatif, serta sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Pelatihan dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, pelatihan luring, pelatihan daring, pemberian proyek, dan evaluasi hasil. Metode yang digunakan menggabungkan penjelasan konseptual, demonstrasi langsung, serta praktik mandiri melalui pendekatan learning by doing. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam memanfaatkan fitur interaktif Canva, seperti navigasi hyperlink, animasi, integrasi multimedia, dan penyusunan layout visual yang efektif. Peserta juga mampu menghasilkan proyek akhir berupa media pembelajaran interaktif yang memenuhi kriteria desain instruksional. Secara keseluruhan, kegiatan pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi digital mahasiswa calon guru dan berpotensi memberikan dampak jangka panjang terhadap kualitas pembelajaran matematika di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...