Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 9 No 2 (2025)

PENGEMBANGAN MEDIA ASSEMBLR EDU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN : Development of Assemblr Edu Media with an Anchored Instruction Learning Model for Environmental Pollution Material

Riyanto (Unknown)
Ummah, Roisatul (Unknown)
Murniati, Neni (Unknown)
Saleh, Rahmat (Unknown)
Iza, Nikmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi pola belajar generasi Alpha yang akrab dengan perangkat digital. Teknologi yang peneliti pilih sebagai media pembelajaran adalah teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Assemblr Edu berbasis teknologi Augmented Reality yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran Anchored Instruction untuk materi pencemaran lingkungan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang disederhanakan menjadi tiga tahap. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas 7 SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Assemblr Edu dengan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi pencemaran lingkungan menunjukkan kategori “Sangat Valid” dengan dengan rata-rata skor 82,25%. Media Assemblr Edu dengan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi pencemaran lingkungan dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...