Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 8 No 2 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Manajemen Kurikulum Dan Strategi Guru Dalam Pembinaan Karakter Dan Ibadah Peserta Didik Di Sd Islam Terpadu Ikhtiar Makassar

Irwandi, Irwandi (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)
Patimah, Siti (Unknown)
Warisno, Andi (Unknown)
Nurul, Nurul (Unknown)
Gani, A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum dan strategi guru dalam pembinaan karakter serta ibadah peserta didik di SD Islam Terpadu Ikhtiar Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang berorientasi pada integrasi nilai-nilai Islam dalam seluruh aspek pembelajaran. Guru berperan sebagai perancang dan pelaksana pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai karakter dan membimbing pelaksanaan ibadah melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan, serta pengawasan. Pembinaan ibadah peserta didik diwujudkan melalui program harian seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, hafalan, dan kegiatan keagamaan lainnya. Sinergi antara kepala sekolah, guru, orang tua, dan lingkungan sekolah menjadi faktor kunci keberhasilan pembinaan karakter dan ibadah di SD IT Ikhtiar Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...