Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada pendidik dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan menggambarkan kondisi awal hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebelum diterapkannya model Discovery Learning berbantuan PowerPoint interaktif. Sumber data penelitian berasal dari dokumen nilai ulangan harian yang digunakan untuk melihat capaian hasil belajar awal. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi dan dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ulangan harian peserta didik masih bervariasi dan belum seluruhnya mencapai ketuntasan, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Temuan tersebut menguatkan potensi penggunaan model Discovery Learning berbantuan PowerPoint interaktif sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk mendukung peningkatan hasil belajar peserta didik..
Copyrights © 2025