JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Penggunaan Media Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Peserta Didik Sekolah Dasar

Salsabilla, Safira Sita (Unknown)
Radinda, Chalistya Syahla Ilham (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)
Assyifa, Nura (Unknown)
Sunyono, Sunyono (Unknown)
Siregar, Rabiyatul Adawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran digital dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas IV. Menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan analisis deskriptif, penelitian menemukan bahwa media seperti video YouTube, gambar visual, dan permainan Wordwall meningkatkan perhatian, motivasi, dan pemahaman konsep peserta didik. Strategi penilaian formatif meliputi tanya jawab cepat, latihan soal, dan kuis digital serta penilaian sumatif turut memperkuat penguasaan materi. Kendala yang muncul mencakup keterbatasan listrik dan kemampuan pendidik dalam mengoperasikan teknologi. Secara keseluruhan, media digital, terutama Wordwall, efektif mendukung pembelajaran IPAS dan layak dikembangkan lebih lanjut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...