JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Hubungan antara Keterlibatan Fandom K-Pop dengan Self-Efficacy Academic Mahasiswa

Sari, Meria Permata (Unknown)
Idulfilastri, Rita Markus (Unknown)
Tasdin, Willy (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

K-Pop memengaruhi kehidupan mahasiswa melalui konsumsi konten, aktivitas fandom, dan interaksi dalam komunitas penggemar yang memberikan motivasi, inspirasi, serta dukungan emosional. Pengalaman positif ini membantu mahasiswa merasa lebih bersemangat, terhubung secara sosial, dan memiliki role model yang mendorong peningkatan usaha akademik. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara keterlibatan fandom K-Pop dan self-efficacy akademik mahasiswa. Penelitian menggunakan desain kuantitatif non-eksperimental dengan purposive sampling dan melibatkan 385 mahasiswa berusia 18–24 tahun. Keterlibatan fandom diukur menggunakan Fanship Scale versi Indonesia, sedangkan self-efficacy akademik diukur dengan TASES. Analisis Spearman menunjukkan hubungan positif signifikan namun lemah antara kedua variabel (r = 0.121, p = 0.017), yang menunjukkan bahwa keterlibatan fandom berkontribusi kecil namun tetap positif terhadap keyakinan akademik mahasiswa. Secara keseluruhan, K-Pop dapat menjadi sumber dukungan psikologis yang mendampingi pengembangan self-efficacy akademik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...