The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA)
Vol 11, No 2 (2025): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) JULI-DESEMBER 2025

REFORMASI BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK DAN PERAN KOMUNIKASI MASSA DI MALAYSIA, VIETNAM, DAN JEPANG

Widiastuti, Ika (Unknown)
Mulyaningsih, Mulyaningsih (Unknown)
Kurniawan, Luluh Abdilah (Unknown)
Mulyana, Agung Putra (Unknown)
Muhammad Adiba, Mirza Azkia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2025

Abstract

Tanggung jawab pemerintah adalah memenuhi hak dan kebutuhan dasar masyarakat melalui pelayanan publik yang efektif. Reformasi birokrasi bertujuan meningkatkan kualitas layanan publik dengan prinsip transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di Malaysia menekankan nilai etis melalui manajemen sumber daya manusia yang berintegritas. Vietnam mengedepankan reformasi birokrasi dalam kemudahan mendirikan bisnis, sedangkan Jepang menonjol dengan kualitas layanan yang prima serta pemanfaatan teknologi informasi. Selain aspek administratif, komunikasi massa berperan penting dalam menyosialisasikan kebijakan, membangun citra birokrasi, serta memperkuat partisipasi publik. Media massa berfungsi sebagai saluran informasi, kontrol sosial, sekaligus ruang partisipatif dalam mendorong keberhasilan reformasi birokrasi. Kata kunci: reformasi birokrasi, pelayanan, public, media 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

admpublik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Fokus IJPA memusatkan perhatian pada permasalahan utama dalam pengembangan keilmuan administrasi publik meliputi: 1. Perkembangan Birokrasi dan Administrasi Pemerintahan 2. Desentralisasi, Otonomi Daerah, Pelayanan Publik 3. Kebijakan Publik dan Good Governance 4. Manajemen Pembangunan dan ...