Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Oktober

Jejak Afiks: Afiksasi pada Puisi "Subuh" Karya Asrul Sani

Ramadhani, Tasya (Unknown)
Tasya Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Studi ini mengkaji berbagai jenis afiks dalam puisi “Subuh” karya Asrul Sani dan perannya dalam membentuk suasana hati dan makna. Afiks dianggap sebagai entitas yang saling terhubung dan tidak dapat berdiri sendiri (Ramlan, 2009). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analitis yang meliputi identifikasi afiks, pengelompokan berdasarkan taksonomi Ramlan, dan interpretasi kontekstual makna dalam puisi. Hasil penelitian menunjukkan 21 afiks, termasuk prefiks ter-, meN-, ber-, dan konfiks ke-...-an. Prefiks ter- paling dominan dan menekankan bahwa aktivitas tersebut spontan dan tidak direncanakan. Prefiks meN- menambah deskripsi tindakan dan seberapa kuat perasaannya. Awalan ber- dan konfiks ke-...-an menawarkan konotasi beragam yang sesuai dengan suasana tenang namun hidup di fajar. Temuan ini menunjukkan bahwa afiksasi membantu dalam tata bahasa serta dalam menciptakan gambaran dan nuansa lirik yang halus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...