Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 6, No 2 (2025): Indonesian Journal of Social and Educational Studies (Article in Press)

Strategi Adaptasi Perempuan UMKM dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Kabupaten Sidenreng Rappang

Aslinda, Andi (Unknown)
Zainal, Henni (Unknown)
Akmal, Muh Ikramullah (Unknown)
Haerul, Haerul (Unknown)
Seppa, Yusi Irensi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Abstrak. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian global, nasional maupun lokal, sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi, pencipta lapangan kerja, serta agen perubahan sosial. Di berbagai wilayah termasuk Sulawesi Selatan terkhusus Kabupaten Sidenreng Rappang UMKM menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat, terutama perempuan yang terlibat dalam sektor usaha. Sebagai upaya untuk menghadapi tantangan bisnis penting kiranya mengadopsi strategi navigasi perempuan. Adapun urgensi dari penelitian ini sangat penting bagi pembuat kebijakan dalam merancang program dan kebijakan yang lebih efektif untuk mendukung pengembangan UMKM khususnya perempuan dan yang lebih penting menuju kesetaraan gender dalam dunia usaha dan perekonomian. Strategi adaptasi dapat digunakan oleh perempuan UMKM dalam berinovasi dan kreativitas dalam pengembangan usaha.  Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi adaptasi perempuan UMKM dalam menghadapi tantangan bisnis dan diharapkan dapat mengidentifikasi langkah-langkah yang lebih efektif dalam mendukung pengembangan dan keberhasilan usaha perempuan UMKM. Serta menggali lebih dalam tentang straregi adaptasi yang digunakan oleh perempuan UMKM, mengevaluasi efektifitas dan dapat mengatasi tantangan bisnis.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian ini akan melibatkan pemangku kepentingan di Kabupaten Sindenreng Rappang Sulawesi Selatan. Pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu juga melakukan diskusi kelompok terfocus (FGD) yang melibatkan 70 Informan yaitu 10 dari dinas UMKM Kabupaten Sidenreng Rappang, 10 dari Asosiasi UMKM, 10 dari konsumen dan 40 dari perempuan pelaku usaha. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman dan alat ukur khusus penelitian kualitatif adalah Atlas TI. Hasil penelitian menunjukkan peran perempuan sebagai pelaku usaha sangat penting dalam menopang perekonomian keluarga sekaligus berkontribusi pada pembangunan ekonomi daerah. Meskipun skala usaha yang dikelola mayoritas masih mikro dan kecil, keberadaan perempuan UMKM telah menjadi motor penggerak kegiatan ekonomi lokal di Kabupaten Sidenreng Rappang. Kata Kunci: Strategi; Adaptasi; Perempuan; UMKM; Tantangan Bisnis Global

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...