Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Nurul Ikhwan Konsesi

Agustin, Tia (Unknown)
Marisa, Siti (Unknown)
Bakar, Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Ikhwan Konsesi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, serta keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Model ini juga mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, bekerja dalam kelompok, dan mengaitkan materi pelajaran dengan situasi kehidupan nyata. Dengan demikian, PBL dapat dijadikan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter islami siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...