Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Peran Nilai-nilai Tauhid dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Islam

Rambe, Mirza Syadat (Unknown)
Lubis, Amelia Zahara (Unknown)
Fatiha, Siti (Unknown)
Ridwan, Aisya Salwa (Unknown)
Fahreza, Iqbal (Unknown)
Ba’diyah, Athira (Unknown)
Ramadhan, Alwi (Unknown)
Dari, Devi Mulia Gian (Unknown)
Nabila, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran nilai-nilai tauhid dalam membentuk karakter peserta didik di lembaga pendidikan Islam. Topik ini dipilih karena meningkatnya tantangan moral peserta didik di era modern dan perlunya pendekatan pendidikan yang menyentuh aspek spiritual, bukan hanya aspek akademik. Penelitian menggunakan metode studi literatur dengan menelaah buku, artikel jurnal, dan publikasi ilmiah terbitan tahun 2021 ke atas yang relevan dengan tema tauhid dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tauhid berfungsi sebagai fondasi utama pembentukan karakter, yang memengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku peserta didik. Internalisasi tauhid melalui pembelajaran, pembiasaan ibadah, keteladanan guru, serta lingkungan religius terbukti mampu menumbuhkan kejujuran, disiplin, kontrol diri, keteguhan moral, dan kecerdasan emosional. Pendidikan tauhid juga berperan dalam membentengi peserta didik dari pengaruh negatif lingkungan serta menumbuhkan kesiapan mereka untuk berperan positif di masyarakat. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi tauhid dalam pendidikan menjadi kebutuhan mendesak untuk membangun generasi berkarakter kuat dan berakhlak mulia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...