LEBAH
Vol. 19 No. 2 (2025): November: Pengabdian

Pelatihan Desain Grafis dengan Canva AI untuk Siswa SMA Bodhicita

Jimmy, Jimmy (Unknown)
Sugianto, Sugianto (Unknown)
Simanihuruk, Tiarma (Unknown)
Johan, Johan (Unknown)
Putra, Jati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat menuntut generasi muda memiliki kemampuan literasi digital dan keterampilan desain visual yang memadai(Bawden, 2008; Rahmawati & Suryana, 2021). Namun, di SMA Bodhicita, masih banyak siswa yang kesulitan memanfaatkan teknologi digital secara kreatif dan produktif, khususnya dalam pembuatan konten visual untuk kegiatan sekolah maupun pengembangan diri. Kondisi tersebut menjadi dasar perlunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan desain grafis menggunakan Canva berbasis kecerdasan buatan (AI)(Canva, 2024; Kurniawan, 2022). Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep desain grafis digital, melatih kemampuan teknis dalam menggunakan fitur-fitur AI pada Canva, serta menumbuhkan kreativitas siswa agar mampu menghasilkan karya visual yang menarik dan relevan dengan kebutuhan zaman. Pelatihan dilakukan melalui metode partisipatif dan praktik langsung di laboratorium komputer SMA Bodhicita(Lee & Chen, 2021; Thomas, 2000). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan desain, kepercayaan diri, dan kesadaran siswa terhadap pentingnya literasi digital. Program ini memberikan kontribusi positif terhadap kesiapan siswa menghadapi tantangan era teknologi kreatif sekaligus mendorong penerapan teknologi AI secara etis dan edukatif dalam lingkungan sekolah

Copyrights © 2025