Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pendidikan jasmani di SMKN 4 Medan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif, terstruktur, dan sesuai standar kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah disusun berdasarkan kebutuhan siswa dan kompetensi dasar kurikulum, namun masih diperlukan peningkatan pada ketersediaan sarana. Pengorganisasian pembelajaran berjalan baik melalui pembagian tugas guru serta pemanfaatan fasilitas yang ada. Pelaksanaan pendidikan jasmani berlangsung efektif meskipun dipengaruhi keterbatasan lapangan dan peralatan tertentu. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan dengan pendekatan autentik melalui penilaian keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Kesimpulannya, manajemen pendidikan jasmani di SMKN 4 Medan berada dalam kategori baik namun perlu penguatan pada pengelolaan sarana dan penyediaan media pembelajaran untuk mencapai kualitas optimal
Copyrights © 2025