Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Analisis Durabilitas Bata Ringan Berbasis Fly Ash Sebagai Material Konstruksi Ramah Lingkungan

Rafsanjani, Zidan (Unknown)
Hamsyah, Hamsyah (Unknown)
Kasmaida, Kasmaida (Unknown)
Jasman, Jasman (Unknown)
Widarto, Hendro (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk mengurangi dampak lingkungan akibat produksi semen, yang menghasilkan emisi karbon dioksida (CO₂) tinggi, dengan memanfaatkan fly ash untuk menggantikan sebagian penggunaan semen. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis durabilitas bata ringan berbasis fly ash sebagai material konstruksi ramah lingkungan. Jernis pernerlitian yang digurnakan pada pernerlitian ini adalah erksperrimern kurantitatif dengan menentukan komposisi terbaik dari campuran bata ringan dengan tambahan fly ash yang di lakukan penelitian di labolatorium program studi teknik sipil dengan menggunakan variasi campuran fly ash pada bata ringan (CLC). Pengujian meliputi daya serap air, kuat tekan, dan keausan setelah masa umur 28 hari. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan fly ash 0%, 5%, 10%, 15% menghasilkan persentase optimal yang mampu menurunkan daya serap air sebesar 8,60% sehingga lebih tahan terhadap kelembapan air dan meningkatkan kuat tekan sebesar 5,33 MPa. Selain itu, keausan bata ringan cenderung menurun seiring bertambahnya kadar fly ash, hal ini ditunjukkan pada peningkatan ketahanan aus sebesar 7,60%. Variasi campuran dengan persentase fly ash tertentu terbukti memberikan performa terbaik, sehingga limbah industri ini berpotensi dimanfaatkan sebagai material konstruksi yang lebih ramah lingkungan dan mendorong pertumbuhan pembangunan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...