Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Penggunaan Permainan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 6 dan 201 Maluku Tengah

Lengam, Rino (Unknown)
Soplera, Marthen Luther (Unknown)
Khusnani, Mukh (Unknown)
Victory, Bintang Loly Vera (Unknown)
Ratumanan, Stelie D. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Motivasi belajar siswa di sekolah dasar sering kali rendah untuk pelajaran IPS akibat metode pengajaran yang dominan berupa ceramah dan minimnya penggunaa media yang menarik. Tujuan riset ini adalah untuk mengkaji dampak permainan teka - teki silang terhadap motivasi belajar siswa kelas IV IPS di SD Negeri 6 dan SD Negeri 201 di Maluku Tengah. Motivasi belajar siswa kelas IV kelas IPS SD Negeri 6 dan SD Negeri 201 di Maluku Tengah.​ Penelitian ini menggunakan metodologi kuasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design, melibatkan 22 siswa dalam kelompok eksperimen dan 19 siswa kontrol. Penelitian ini menggunakan kelompok kontrol pretes-postes, yang melibatkan 22 siswa dalam kelompok eksperimen dan 19 siswa dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesionermotivasi belajar yang sudah divalidasi dan diuji reliabilitasnya dengan menggunakan Cronbach’s Alpha (α = 0,873). Hasil analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p < 0.05 ), dengan kelompok eksperimen mempunyai skor posttest yang lebih tinggi menandakan bahwa kelompok eksperimen memiliki tingkat motivasi yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai tingkat sedang.​​ Teka-teki silang terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan juga sebagai strategi alternatif dalam pmbelajaran IPS di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...