Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Grand Inna Medan

Angelina, Yuni (Unknown)
Yudha, Tri Kartika (Unknown)
Syafrizal, Syafrizal (Unknown)
Wibowo, Muhammad Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2025

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Hotel Grand Inna Medan. Apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Hotel Grand Inna Medan. Apakah kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Hotel Grand Inna Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Hotel Grand Inna Medan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 karyawan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan memiliki tingkat kepuasan dan motivasi kerja yang tinggi, yang tercermin dari skor rata-rata di atas 4 pada skala Likert. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item instrumen penelitian valid dan reliabel. Selanjutnya, hasil pengujian menunjukkan bahwa baik kepuasan kerja maupun motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, baik secara parsial maupun simultan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya manajemen hotel dalam meningkatkan aspek kepuasan dan motivasi kerja untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan karyawan. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan reputasi di industri perhotelan yang kompetitif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...