Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Gaya Hidup Konsumtif Terhadap Pengelolaan Keuangan Generasi Z Di Era Digital

Marwansyah, Sofyan (Unknown)
Kurniasari, Rani (Unknown)
Agustina, Teni (Unknown)
Lestari, Nurlaela Eva Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Pengelolaan keuangan pribadi menjadi faktor penting dalam mencapai stabilitas dan kesejahteraan jangka panjang. Generasi Z, sebagai kelompok usia produktif, dikenal memiliki kemampuan adaptasi tinggi terhadap perkembangan teknologi dan gaya hidup yang dinamis, meskipun tingkat literasi keuangan mereka masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh literasi keuangan, sikap terhadap keuangan, dan gaya hidup konsumtif terhadap pengelolaan keuangan generasi Z di era digital. Data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan metode statistik untuk menilai kontribusi masing-masing variabel. Hasil menunjukkan bahwa literasi keuangan memberikan pengaruh signifikan sebesar 23,10%, sikap keuangan sebesar 63,40%, sementara gaya hidup konsumtif memberikan dampak negatif sebesar 5,03% terhadap pengelolaan keuangan generasi Z. Ketiga variabel tersebut secara bersama-sama menjelaskan 80,5% variasi pengelolaan keuangan, sedangkan 19,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Temuan ini menekankan perlunya peningkatan literasi keuangan dan pembentukan sikap keuangan positif untuk mendukung pengelolaan keuangan yang lebih sehat di kalangan generasi Z, sambil memperhatikan dampak negatif dari gaya hidup konsumtif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...