Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Perancangan Model Bisnis Inovatif Untuk Optimalisasi Potensi Peternakan di Desa Paconne’ Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu Menggunakan Business Model Canvas (BMC)

Hasbiah, Sitti (Unknown)
Hasdiansa, Ilma Wulansari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang model bisnis inovatif untuk mengoptimalkan potensi peternakan di Desa Paconne', Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Fenomena penelitian ini didasari oleh berbagai tantangan yang dihadapi peternak, seperti dominasi tengkulak, keterbatasan akses informasi harga, keterbatasan jaringan distribusi, dan rendahnya literasi ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan melibatkan peternak sebagai narasumber utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa rendahnya nilai tambah produk, minimnya sertifikasi mutu, dan minimnya inovasi pemasaran melemahkan daya tawar peternak di pasar. Namun, peluang optimalisasi usaha terdapat melalui diversifikasi usaha, penerapan pertanian bernilai tambah, pengembangan agrowisata, serta pemanfaatan teknologi digital dan pemasaran berbasis e-commerce. Model bisnis yang diusulkan, berdasarkan BMC, menekankan sembilan elemen kunci: segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, aktivitas inti, kemitraan strategis, dan struktur biaya. Temuan ini memberikan rekomendasi strategis bagi peternak, UMKM, dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan potensi peternakan berdasarkan model bisnis inovatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...