WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 6 No. 2 (2025)

Implementasi Pembelajaran Joyful Learning Berbasis Proyek Mystery Box Untuk Mengembangkan Literasi Sains Anak Usia 5–6 Tahun Di Tk Pkk Gununggede 02

Sriyani, Istru (Unknown)
Akbar, Sa’dun (Unknown)
Pramono (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana metode tersebut dapat meningkatkan literasi sains anak usia 5-6 tahun, serta bagaimana guru dan lingkungan sekolah mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian yang akan digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 4 anak kelompok B (VE, NI, UL, dan AD), 1 guru kelas kelompok B (WU), dan Kepala sekolah (SA) TK PKK Gununggede 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data Milles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Joyfull Learning berbasis proyek Mystery Box membuat pembelajaran sains lebih interaktif dan meningkatkan rasa ingin tahu anak. Melalui berbagai eksperimen, mereka memahami konsep pencampuran warna, sifat magnet, dan kapilaritas. Metode ini juga melatih berpikir kritis, motorik halus, serta keterampilan sosial. Dengan bimbingan guru, anak menjadi lebih percaya diri dalam eksplorasi sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wisdom

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences Other

Description

WISDOM is a journal research published by Department of Early Childhood Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, the State Islamic Institute of Ponorgo. WISDOM is published regularly in June and December. WISDOM accepts articles with studies related to early childhood education. ...