Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2025): Vol 7, No. 2, Desember 2025

Asesmen Evaluasi Pembelajaran Pengetahuan Berkarya Seni Batik Digital melalui Pendekatan Media Game Quiz

Zairin, Achmad (Unknown)
Utomo, Udi (Unknown)
Lestari, Wahyu (Unknown)
Suharto, Suharto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan media game quiz sebagai alat evaluasi pembelajaran seni batik digital di SMP Negeri 4 Nganjuk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan guru seni rupa dan siswa sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game quiz mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memotivasi mereka untuk memahami materi, serta menyediakan alat evaluasi yang interaktif dan efisien. Faktor pendukung keberhasilan implementasi meliputi ketersediaan infrastruktur teknologi, kompetensi guru, dan antusiasme siswa. Namun, beberapa hambatan juga ditemukan, seperti kendala teknis, kesenjangan digital, dan keterbatasan waktu persiapan. Penelitian ini mendukung teori konstruktivisme dan teori teknologi pendidikan dengan menunjukkan bahwa integrasi teknologi, khususnya game quiz, dapat meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran seni rupa di era digital. Rekomendasi meliputi peningkatan infrastruktur, pelatihan guru, dan pengembangan media game quiz untuk berbagai mata pelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah buletin yang mempublikasikan kegiatan pengembangan dan implementasi inovasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Buletin ini menfasilitasi luaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan – pengembangan perangkat pembelajaran dan asisten guru yang ...