Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI SMAN 12 BANDA ACEH

Cut Ika Chairinda (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Ngadimin (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Soewarno S (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran inkuri terbimbing dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, dimana setiap siklusnya tediri dari 4 komponen diataranya; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIA 1 SMAN 12 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar hasil belajar, lembar aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dan lembar tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik, (3) persentase ketuntasan klasikal secara keseluruhan meningkat dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu 61%, 71%, dan 89%, dan (4) respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah positif. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Getaran Harmonis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIA 1 di SMAN 12 Banda Aceh baik dari segi ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal.Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, hasil belajar AbstractThe research is intended to identify improvement of student learning outcomes, activities of teachers and students, teacher’s skills in managing learning, and students' responses to the implementation of guided inquiry learning model while learning process is going. The type of this research is the Classroom Action Research (PTK) and the approach used in the research is the descriptive statistic approach. The research consists of 3 cycles, where are the cycles consists of 4 components: plan, action, observation, refection. The subject is 28 students in class XI MIA 1 of SMAN 12 Banda Aceh, school year 2016/2017. Instruments of data collection used in this research are sheets of test learning outcomes, sheets teacher and student activity, sheets teacher’s skill observation, and students’ response towards learning. Those data are analyzed by using a percentage test. The results show that (1) the activity of teacher and students during the learning process increases, (2) teachers' skills in managing the learning increases from average to very good category, (3) the percentage of classical completeness generally increases from 1 to 3 cycles, they are 61%, 71%, and 89%, and (4) the students' response to guided inquiry learning model is positive. Based on data that are obtained from this research, it can be concluded that the application of guided inquiry learning model on Getaran Harmonis material can improve learning outcomes of students in class XI MIA 1 of SMAN 12 Banda Aceh in terms of both individual and classical completeness.Keywords: Guided Inquiry Model, Learning Outcomes

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...