Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 1 No 1 (2016): Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika Volume 01 Nomor 01, Juni 2016

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATANGHARI

Joneska, Alesrin (Unknown)
-, Astalini (Unknown)
Susanti, Nova (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen I menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dan kelas eksperimen II menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Data penelitian diperoleh dengan memberikan post-test pada kedua kelas sampel. Setelah hasil post-test berupa nilai siswa diperoleh, data dianalisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji pihak kanan dengan uji-t. Adapun  rata-rata  hasil  post-test  yang  diperoleh  kelas  yang  menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle (eksperimen I) adalah 78,90 dan yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match (eksperimen II) adalah 75,20. Dari hasil uji hipotesisnya didapat thitung  dengan taraf nyata α = 0,05 adalah 1,9402 sedangkan nilai ttabel nya adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak.Dapat disimpulkan dalam proses pembelajaran fisika materi cahaya, rata-rata hasil belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle lebih baik dari rata-rata hasil belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match.   Kata Kunci: Hasil Belajar, Crossword Puzzle, dan Index Card Puzzle

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EDP

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Edufisika Journal is a forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods ...