Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra
Vol 2, No 1 (2018): Eralingua

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGGUNAKAN POSSESIVEPRONOMEN BAHASA JERMAN

Sri Meragnes Sitanggang (Universitas Negeri Makassar)
Syarifah Fatimah (Universitas Negeri Makassar)
Syukur Saud (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang kesalahan siswa kelas XI SMAN 8 Makassar dalam menggunakan Possesivpronomen. Jenis penelitan ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes menulis karangan dalam bahasa Jerman. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kesalahan yang dikemukakan oleh Ellis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kesalahan Possesivpronomen dalam karangan sederhana siswa adalah 50% yang berada pada kategori tinggi. Kesalahan penggunaan Possesivpronomen yang dimaksud dalam hal ini terdiri dari dua aspek diantaranya kesalahan penggunaan Possesivpronomen dalam bentuk Nominativ yaitu 71,07%  dan dalam bentuk Akkusativ yaitu 28,92%. Faktor penyebab munculnya kesalahan tersebut adalah faktor performansi dan kompetensi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

eralingua

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Eralingua has been published by Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar. This journal receives research articles which examine about foreign language which use various approaches like linguistics, education, and literature. The Journal ...