Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media jendela bencana dan pengaruh media gambar peristiwa alam terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media jendela bencana lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran dengan menggunakan media gambar peristiwa alam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel pada penelitian ini adalah SDN Balongan IV sebagai kelas eksperimen dan SDN Balongan III sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar siswa, observasi kinerja guru dan kinerja siswa, serta angket respon siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa media jendela bencana dan media gambar peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil uji perbedaan rata-rata nilai gain, pembelajaran menggunakan media jendela bencana lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran menggunakan media gambar peristiwa alam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016