Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan strategi Predict Observe Explain berbantuan permainan tradisional dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen murni dengan desain penelitian yang digunakan adalah pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Kecamatan Sumedang Selatan yang peringkat sekolahnya termasuk kelompok unggul dengan sampel SDN Cipameungpeuk sebagai kelas eksperimen dan SDN Pasanggrahan II sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, lembar wawancara guru dan siswa di kelas eksperimen dan angket. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan,kemampuan berpikir kritis di kedua kelas meningkat secara signifikan, namun lebih baik secara signifikan di kelas eksperimen hal tersebut terlihat juga dari respon siswa yang positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan di kelas eksperimen. Kata kunci : Strategi predict observe explain, permainan tradisional,  berpikir kritis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016