JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)DENGAN MENGGUNAKAN METODE GENERATING INTERACTION BETWEEN SCHEMATA AND TEXT (GIST) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN ISI DUA TEKS

Khumaeroh, Fani Nurul (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)
Panjaitan, Regina Lichteria (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membandingkan isi dua teks di kelas VA SDN Sindangraja Kabupaten Sumedang diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membandingkan isi dua teks masih rendah. Permasalahan yang dialami siswa yaitu kesulitan dalam membandingkan isi dua teks dengan mencari persamaan dan perbedaan dari kedua teks tersebut. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode Generating Interaction Between Schemata And Text (GIST). Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperbaiki kinerja guru dalam mengajar, aktivitas siwa, dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam membandingkan isi dua teks. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Setelah dilaksanakan penelitian sebanyak 3 siklus, terjadi peningkatan yang signifikan sehingga penerapan model STAD dan metode GIST telah meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas VA SDN Sindangraja Kabupaten Sumedang dalam membandingkan isi dua teks. Kata Kunci : Membaca, STAD, GIST

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...