JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN PERMAINAN MENGARANG GOTONGROYONG BERBANTUAN KARTU GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN PARAGRAF

Marethania, Dhamaranthy Herdiani (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)
Gusrayani, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Hasil perolehan data awal pada pembelajaran keterampilan menyusun paragraf di kelas III SDN Palasari menunjukkan kemampuan siswa masih rendah. Hal tersebut karena guru belum maksimal dalam memanfaatkan metode pembelajaran, sehingga perlu diadakan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. PTK dilaksanakan untuk memperbaiki kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada keterampilan menyusun paragraf. Tindakan yang dilakukan yaitu dengan menerapkan permainan mengarang gotongroyong berbantuan kartu gambar seri. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang pada setiap siklusnya terjadi peningkatan hasil. Kinerja guru mengalami peningkatan hingga pada siklus III mampu mencapai target 100%. Hasil penilaian terhadap aktivitas siswa juga mengalami peningkatan hingga pada siklus III mencapai 85,7%. Jumlah siswa yang mampu mencapai KKM 75 pada tes hasil belajar setiap siklus terus meningkat hingga pada siklus III menjadi 89,3%. Dengan demikian, permainan mengarang gotongroyong berbantuan kartu gambar seri dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun paragraf.Kata Kunci : Permainan mengarang gotongroyong, media kartu gambar seri.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...