JPI
Vol 1, No 1 (2016)

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DALAM MELENGKAPI CERITA RUMPANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN PAPAN BERGARIS

Nuryamah, Ida (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)
irawati, riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2016

Abstract

Masalah yang muncul dalam proses pembelajaran menulis permulaan tulisan tegak bersambung dalam melengkapi cerita rumpang masih rendah terutam dalam penulisan tegak bersambung yang sesuai dengan ukuran dan bentuknya. Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar adalah dengan menerapkan media gambar dalam  membantu siswa memahami teks cerita rumpang dan media papan bergaris membantu siswa dalam latihan menulis tegak bersambung yang sesuai dengan ukuran dan bentuknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dengan instrumen format observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, wawancara, soal, dan catatan lapangan. Subyek penelitian sebanyak 22 siswa kelas II SDN Palasari. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan dari tiga siklus terjadi peningkatan dalam pencapaian indikator. Dengan demikian, penerapan media gambar dan papan bergaris dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas II SDN Palasari pada materi menulis permulaan tegak bersambung dalam melengkapi cerita rumpang.Kata Kunci: Media Gambar dan Papan Bergaris, Melengkapi Cerita Rumpang

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...