Penelitian ini dilakukan atas dasar rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel penelitian adalah SDN Palasah sebagai kelas eksperimen dan SDN Mandalaherang I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi α = 0.05. Pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Terdapat hubungan positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kepercayaan diri siswa. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran CTL. Aktivitas siswa dan kinerja guru yang optimal menjadi faktor pendukung dalam penelitian. Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kepercayaan Diri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016