JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PERBANDINGAN PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KETERBUKAAN DAN KEKONTEKSTUALAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Nurmalasari, Nurmalasari (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)
Kurnia, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahanmasalah siswa melalui pembelajaran berbasis masalah yang ditinjau dari keterbukaan dankekontekstualan masalah. Pembelajaran berbasis masalah yang ditinjau dari keterbukaan dankekontektstualan masalah tersebut diterapkan dalam penelitian ini dengan mengingatpentingnya pemberian berbagai jenis masalah kepada siswa dalam pembelajaranmatematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperiman dengan desainkelompok kontrol non-ekuivalen (the nonequivalent control group design). Hasil dari penelitianini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan masalahterbuka kontekstual, masalah terbuka nonkontekstual, masalah tertutup kontekstual, maupunmasalah tertutup nonkontekstual sama-sama dapat meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah matematis siswa. Hanya saja meskipun sama-sama tergolong rendah, namunpeningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pembelajaran berbasismasalah tertutup kontekstual berbeda dan lebih baik dari ketiga pembelajaran berbasismasalah lainnya yang mana peningkatan pada ketiga pembelajaran tersebut sama.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...