JPI
Vol 1, No 1 (2016)

MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN TEMATIK DENGAN RME

Sutisna, Andi Permana (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)
Subarjah, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan dalam memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang. Perbedaan tersebut muncul karena pemahaman konsep perkalian yang tidak dikaitkan dengan masalah sehari-hari. Cara untuk menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari adalah melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi perkalian kelas rendah. Populasinya yaitu seluruh siswa SD kelas II se-Kecamatan Sumedang Utara yang termasuk dalam kelompok unggul. Sementara sampelnya adalah siswa SDN Karapyak I kelas II A sebagai kelas tematik dan kelas II B sebagai kelas tematik dengan RME. Hasil penelitian dengan 𝛼 = 0,05, menunjukkan bahwa pendekatan tematik dengan RME lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis pada materi perkalian kelas rendahdaripada kelas tematik secara signifikan. Secara umum siswa  emberikan respon positif terhadap pembelajaran tematik dengan RME. Sementara faktor penghambatnya yaitu siswa belum terbiasa dengan pembelajaran dan aktivitas dalam pembelajaran tematik dengan RME. Kata Kunci : Tematik, Realictic Mathematics Education, Pemahaman.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...