JPI
Vol 1, No 1 (2016)

KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DALAM MENEMUKAN GAGASAN UTAMA

Khotimah, Ade Husnul (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)
Kurnia, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2016

Abstract

Penelitian dilaksanakan berdasarkan permasalahan pada KD 3.2 Menemukan gagasan utama dengan kecepatan membaca 75 kata per menit. Siswa kelas V SDN Gudangkopi II mengalami kesulitan dalam membedakan kalimat utama dengan kalimat penjelas dan kecepatan siswa dalam membaca masih menunjukkan kriteria kurang. Hal ini terlihat dari nilai siswa belum mampu mencapai KKM. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penerapan metode untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu diterapkan metode Jigsaw dengan teknik permainan BMW (Bingo Multicolored Word). Teknik pengumpul data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dimana setiap siklusnya mengalami peningkatan pada kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Jigsaw dengan teknik permainan BMW dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi menemukan gagasan utama.Kata Kunci: Metode Jigsaw, Teknik Permainan BMW (Bingo Multicolored Word), Menemukan Gagasan Utama.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...