Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Gudangkopi II diperoleh permasalahan, yaitu pada proses pembelajaran. Guru menggunakan pendekatan konvensional sehingga siswa tidak termotivasi mengikuti pembelajaran, dan mengakibatkan hasil belajar rendah. Berdasarkan kondisi tersebut diterapkan model pembelajaran CTL demi menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Fokus tujuan penelitian, yaitu penerapan CTL pada perencanaan, pelaksanaan, hasil belajar, dan aktivitas. Metode penelitian tindakan kelas digunakan pada penelitian ini, dengan desain penelitian model spiral Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Penyesuaian data dilakukan dengan validasi member check, triangulasi, dan expert opinion. Proses penelitian dilakukan tiga siklus karena target tercapai pada siklus III, dengan target 85% aktivitas dan hasil belajar, dan kinerja guru 100%. Data yang diperoleh dari hasil penelitian, yaitu kinerja guru mencapai 100%, aktivitas siswa 100%, dan hasil belajar 89%. Hasil perolehan data penelitian membuktikan penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2016