JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GAYA

Handini, Dea (Unknown)
Gusrayani, Diah (Unknown)
Panjaitan, Regina Lichteria (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Gudangkopi II diperoleh permasalahan, yaitu pada proses pembelajaran. Guru menggunakan pendekatan konvensional sehingga siswa tidak termotivasi mengikuti pembelajaran, dan mengakibatkan hasil belajar rendah. Berdasarkan kondisi tersebut diterapkan model pembelajaran CTL demi menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Fokus tujuan penelitian, yaitu penerapan CTL pada perencanaan, pelaksanaan, hasil belajar, dan aktivitas. Metode penelitian tindakan kelas digunakan pada penelitian ini, dengan desain penelitian model spiral Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Penyesuaian data dilakukan dengan validasi member check, triangulasi, dan expert opinion. Proses penelitian dilakukan tiga siklus karena target tercapai pada siklus III, dengan target 85% aktivitas dan hasil belajar, dan kinerja guru 100%. Data yang diperoleh dari hasil penelitian, yaitu kinerja guru mencapai 100%, aktivitas siswa 100%, dan hasil belajar 89%. Hasil perolehan data penelitian membuktikan penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...