Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 2, No 2 (2016)

Analisis Tes Argumentasi Materi Terapung Dan Tenggelam

Viyanti, Viyanti (Unknown)
Cari, Cari (Unknown)
Sunarno, Widha (Unknown)
Prasetyo, Zuhdan Kun (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian mengembangkan tes yang berorientasi pada keterampilan argumentasi.  Instrumen tes digunakan untuk memetakan kemampuan argumentasi siswa dan pemahaman siswa tentang argumentasi.  Instrumen tes berorientasi pada argumentasi dikembangkan berdasarkan skema argumentasi Toulmin.  Populasi penelitian adalah siswa SMA kelas XI Kota Bandar Lampung.   Sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk 37 siswa. Berdasarkan perhitungan dan analisis statistik item konten tiap elemen perlu diperbaharui lagi dan divalidasi oleh ahli argumentasi ilmiah dan ahli konten materi.  Hasil pengembangan tes argumentasi ilmiah ini menjadi landasan untuk menyusun instrumen tes yang lebih lengkap sehingga dapat mengukur semua struktur pendukung komponen argumentasi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...